banner 728x90

Lanud RHF Tanjungpinang Gelar Open Base dan Static Show Hawk 200

Pangkalan TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah (RHF) menggelar Open Base dan Static Show di Bandara RHF Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

AriraNews.com, Batam – Pangkalan TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah (RHF) menggelar Open Base dan Static Show di Bandara RHF Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Kegiatan itu dalam rangka mendukung Elang Khatulistiwa Skadron Udara I Goes to Tanjungpinang yang dimulai pada Jum’at (16/02) pagi dan akan berlangsung selama dua hari.

Kepala Penerangan (Kapen) Lanud RHF, Letda Sus Ridho Hidayat menyampaikan, kegiatan Open Base dan Static Show ini merupakan gagasan Lanud RHF dengan melibatkan 3 Pesawat Hawk 109/ 209 Skadron Udara I Lanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyambut Komandan Skadron I Letkol PNB M. Syaifuddin yang memimpin jalannya Elang Khatulistiwa Skadron Udara I Goes to Tanjungpinang.

Selain itu juga ada pesawat Heli H-225M/H-2215 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya Bogor, Jawa Barat da Pesawat Hercules C-130 dari Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin Makasar.

BACA JUGA:   Aisyah Sani Doakan Isdianto-Suryani Menang

“Kedatangan pesawat pesawat Hawk di Tanjungpinang dengan misi latihan maverick dan terbang jelajah,” ungkap Ridho.

Lebih lanjut dijelaskannya, misi ini dimulai 16 Februari 2024 dengan rute Lanud Supadio menuju Lanud RHF Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan 17 Februari 2024, berangkat dari Tanjungpinang menuju Roesmin Noerjadin, Pekanbaru.

Komandan Skadron I Letkol PNB M. Syaifuddin memimpin jalannya misi ini didukung sebanyak 47 personel, terdiri 11 perwira penerbang, 5 perwira teknik dan 31 ground crew.

BACA JUGA:   Taman Migas Tun Telani Tanjungpinang Diresmikan, Sumbangsih SKK Migas – KKKS Untuk Masyarakat

“Sejalan dengan kunjungan tersebut, Danlanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel PNB Andi Nur Abadi menggagas Open Base dan Static Show untuk masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya,” ujarnya.

Tujuannya, agar masyarakat dan sekitarnya dapat melihat secara langsung alutsista pesawat kebanggaan TNI Angkatan Udara.

Sementara itu, Komandan Lanud RHF, Kolonel PNB Andi Nur Abadi mengatakan, salah satu tugas pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah adalah pemberdayaan wilayah pertahanan aspek dirgantara, selain menyelenggarakan dukungan operasi udara.

“Open Base dan Static show ini diharapkan dapat meningkatkan minat dirgantara guna meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang,” ujar Danlanud.(hms)