banner 728x90
Batam  

Kasal Laksamana Muhammad Ali Resmi Operasikan Dua KAL Produksi Batam, di Tempatkan di Nias dan Banyuwangi

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan pengoperasian dua armada Kapal Angkatan Laut (KAL) Sembulungan II-5-42 dan KAL Hinako I-2-19, di galangan kapal PT Citra Shipyard, Sagulung, Batam, Kepri, Jum'at (16/2/2024) siang.

AriraNews.com, Batam – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan pengoperasian dua armada Kapal Angkatan Laut (KAL) Sembulungan II-5-42 dan KAL Hinako I-2-19, di galangan kapal PT Citra Shipyard, Sagulung, Batam, Kepri, Jum’at (16/2/2024) siang.

Muhammad Ali menjelaskan, dua KAL tersebut dibangun di galangan PT Citra Shipyard sejak tahun 2022 dengan menggunakan dana APBN 2022-2023 sekitar Rp100 miliar.

“Kedua KAL ini langsung bertugas dan akan memperkuat satuan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, yang ada di bawah jajaran Lantamal V Surabaya dan Lanal Nias, dibawa Lantamal II Padang,” ungkap Muhammad Ali.

KAL Hinako I-2-19.

Muhammad Ali menjelaskan, nama kedua kapal ini diambil dari nama pantai dan pulau yang ada di Banyuwangi dan Nias.  Nama Sembulungan diambil dari nama pantai yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur, dan nama Hinako merupakan salah satu pulau yang ada di wilayah Nias, Sumatera Utara.

BACA JUGA:   Wako Sambut Kehadiran Menko Airlangga, Pulihkan Kesehatan Bangkitkan Ekonomi

“Pembangunan kapal ini berlangsung selama 16 bulan dan sudah melalui serangkaian uji coba dan pengecekan. Dua kapal ini sudah siap beroperasi. Setelah ini langsung bergerak ke pangkalan masing-masing,” ujar Muhammad Ali.

Kedua KAL tersebut memiliki spesifikasi teknis yaitu panjang 28,98 Meter, lebar 6,20 Meter, draught 1,40 Meter, kecepatan maksimum 28 Knots, kecepatan jelajah 18 Knots, kecepatan ekonomis 13,5 Knots, endurance 3-4 Hari, mampu membawa 15 personel dan menggunakan mesin pokok 2 unit MAN V12-1900 Marine Engine Dieseldan diesel generator 2x Perkins 63 KVA. KAL 28 M ini juga diperkuat dengan 1 unit Meriam 20 mm dan 2 Unit Meriam 12,7 mm.

BACA JUGA:   Gelar FGD, Polda Kepri dan PWI Kepri Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Bebas Hoaks

“Pengadaan kapal ini merupakan komitmen TNI AL untuk terus memperkuat Armada kapal TNI AL yang ada. Kenapa di Batam dan di PT Citra ini juga merupakan komitmen kami untuk peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), serta mengurangi produk impor,” ujarnya.

Dalam Delivery Ceremony kedua kapal ini, diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Dirut PT Citra Shipyard, Kadisadal, Aslog Kasal, Pangkoarmada I dan Pangkoarmada II yang disaksikan oleh Kasal dan serta PT Citra Shipyard. Kemudian acara dilanjutkan dengan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KAL Hinako dan Sembulungan. Dimana Lettu Laut (P) Heru Kuswanto dikukuhkan sebagai Komandan KAL Hinako dan Lettu Laut (P) Riyanto sebagai Komandan KAL Sembulungan.

BACA JUGA:   Amsakar: Semangat, Komitmen dan Kerja Bersama Percepat Penanganan Covid-19

“Kedua KAL ini diharapkan dapat meningkatkan penjagaan di laut, mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran atau kegiatan ilegal di laut,” harapnya dan kedua KAL gesit di perairan sempit.(ara)