banner 728x90

Makan di Warung Khas Madura Pojok Kampus Bikin Istri Makin Senang di Rumah, Ada Apa?

AriraNews.com, BATAM – Yang ingin menikmati masakan khas Madura, bisa datang ke Warung Makan Cakra Ningrat Pojok Kampus, yang berada di Ruko KDA Blok E Nomor 35 Batam Kota. Tepatnya di seberang jalan depan kampus Universitas Batam (Uniba), arah Perumahan Cendana.

Di warung makan ini tersedia berbagai macam makanan khas Madura yang kaya dengan rempah-rempah. Mulai dari sate, olahan bebek, soto, nasi pecel, rujak, bakso, ayam goreng, gulai dan lainnya.

“Agar rasanya sama dengan yang di kampung, bumbu khasnya kita kirim langsung dari Madura. Karena di sini sulit didapatkan,” ungkap Umar Faruq, pemilik warung makan tersebut, Minggu (10/10/2021).

“Kita ini baru buka, Alhamdulillah langsung mendapatkan respons. Banyak yang datang ke sini. Bukan hanya warga Madura atau Jawa Timur saja,” kata Umar, yang juga merupakan ketua paguyuban Madura di Batam tersebut.

Nah, dari sekian banyak menu yang tersedia, Nasi Bebek Khas Purnama Surabaya dan Nasi Bebek Khas Bu Sakur Galis Madura menjadi pilihan utama. Pasalnya, olahan bebeknya sama dengan yang aslinya di Madura.

BACA JUGA:   Vaksinasi Covid-19 di Kepri Lampaui Capaian Nasional

“Untuk kasih nama kita tidak sembarangan. Kita sudah dapat izin kasih nama itu. Rasa dan kualitasnya kita jaga. Karena bumbunya datang langsung dari Madura sehingga rasanya samalah,” katanya.

Untuk rasa, ummm. Daging bebeknya tak ulet. Daging dan tulang sangat mudah terpisah dan tentunya kaya dengan rempah-rempah khas Madura.

“Beda Bebek Khas Purnama dengan Bu Sakur dari pengolahan dan penyajiannya. Kalo Khas Purnama setelah dibumbui langsung digoreng kayak ayam penyet gitu, tapi kalo Khas Bu Sukur sebelum digoreng ada bumbu spesialnya lagi dan ketika disajikan ada sambal mangga khas Madura yang disajikan selain lalapan,” ungkapnya.

Nasi Bebek Khas Bu Sakur salah satu menu andalan di Warung Cakra Ningrat Pojok Kampus, Batam Kota.

Selain olahan bebek dan sate, menu andalan lainnya yakni kaldu, rujak cingur, rujak petis. Kaldu yakni masakan berbentuk gulai namun memiliki rasa yang khas.

“Kaldu memang kayak gulai. Diolah dari kacang hijau, iga kambing atau kikil. Makannya pakai lontong. Di Batam jaranglah makanan ini. Untuk bumbu rujak cingur dan petis saya jamin rasanya akan beda, karena bahannya kita datangkan langsung dari Madura,” ungkap Umar.

BACA JUGA:   Awal 2022, Konstruksi Jembatan Batam Bintan Dimulai

Tambah Stamina Pria

Soal rasa Anda bisa merasakannya langsung. Tapi, ada lagi yang menggelitik saat pertama datang ke sini. Soalnya ada sebagian nama menunya membuat kita bisa senyum-senyum sendiri.

Contohnya; Sate Madura Stel Koncang, Sate Ayam Madura Mengejar Badai, Soto Ayam Bajak Laut, Nasi Pecel Djancok, dan Rujak Cingur Syahrini.

Terus nama menu minumannya; Kopi Janda Kembang, Kopi Mak Erot, Kopi Tongkat Ali, Kopi Tak Kuat Niser, dan Susu Kambing Etawa.

Terkait penamaan nama tersebut lanjut Umar bukannya sembarangan. Salah satunya Rujak Cingur Syahrini. Nama itu bukan merujuk pada nama artis, namun memang ada rujak dengan nama tersebut di Madura.

Pengunjung Warung Makan Cakra Ningrat Pojok Kampus, Batam Kota, Batam.

Sstttt, untuk minuman Umar juga punya alasan tersendiri.

BACA JUGA:   bright PLN Batam Berikan Bantuan 25 Ton Beras Untuk Masyarakat Melalui Pemko Batam

“Itu merupakan minuman khas untuk menambah stamina dan “kekuatan” pria. Ramuannya kita bikin sendiri dari rempah-rempah alami berkhasiat. Bukan dari minuman saset-saset yang dijual di pasaran. Salah satunya madu asli, telur ayam atau bebek dan ramuan rahasia khas Madura. Ramuan ini sudah turun temurun. Jadi minuman penambah stamina ini tak hanya laki-laki untuk wanita juga ada tersedia,” ungkap Umar.(qori)