banner 728x90
Batam  

Ada Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Melayu di Kenduri Seni Melayu ke-26

Salah satu permainan rakyat dalam event Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-26 Tahun 2024 di kawasan Harbour Bay, Batuampar.

AriraNews.com, Batam – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam melestarikan permainan rakyat Melayu. Beberapa permainan itu di antaranya gasing, kaki bajang, hingga congklak.

“Permainan rakyat ini satu di antara 10 objek budaya, sehingga perlu terus dilestarikan,” kata Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, Minggu (9/6/2024).

Sebagai upaya pelestarian itu, pihaknya menghadirkan permainan rakyat dalam event Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-26 Tahun 2024 di kawasan Harbour Bay, Batuampar.

BACA JUGA:   BI Sosialisasikan QRIS Cross Border kepada Pelaku Wisata Batam

“Alhamdulillah banyak anak-anak yang masih bisa permainan-permainan rakyat. Bahkan pengunjung KSM juga tertarik mencoba beberapa permainan itu,” katanya.

Untuk diketahui, dalam KSM tahun ini, tak hanya permainan rakyat ditampilkan. Kata Ardiwinata, banyak penampilan kesenian dan sebagainya yang menjadi bagian dari KSM.

“Ada bazar, pameran koleksi Museum Batam Raja Ali Haji, penampilan dari 250 peserta dari enam negara dan sebagainya,” katanya.

BACA JUGA:   Muhammad Rudi Hadiri Pelantikan IPMKOB Pekanbaru

Sebelumnya, KSM 2024 secara resmi dibuka Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Jumat (7/6/2024) malam dan berakhir Minggu (9/6/2024).

“Acara berlangsung lancar dan banyak pengunjung yang menyaksikan KSM 2024,” ujarnya.(ard)