banner 728x90

Sekda Batam, Jefridin Serahkan Sejumlah Piagam Penghargaan di Hardiknas 2024

Sekda Batam, Jefridin serahkan piagam penghargaan pada kepala sekolah, guru, dan siswa berprestasi di upacara Hardiknas tahun 2024.

AriraNews.com, Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Dataran Engku Putri, Batam, Kamis (2/5/2024) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Upacara dihadiri jajaran Forkopimda Batam, Kepala Sekolah, Guru, ASN dan perwakilan siswa dari sejumlah sekolah di Batam.

Usai upacara Sekda Jefridin mengatakan pendidikan di Indonesia saat ini memiliki wajah baru dengan program Merdeka Belajar. Melalui Kurikulum Merdeka diharapkan mendorong setiap siswa dapat menonjolkan kemampuan dan minatnya masing-masing.

BACA JUGA:   Semarak Hari Bhayangkara, Polda Kepri Gelar Fun Bike

“Merdeka Belajar merupakan program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar.  Artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi. Melalui Hardiknas Tahun 2024 ini, Pemko Batam terus bergerak untuk melanjutkan Merdeka Belajar sehingga pendidikan Merdeka Belajar di Kota Batam merata,” kata Jefridin.

Sekda Batam, Jefridin bersama sejumlah guru usai mengikuti upacara Hardiknas tingkat Kota Batam.

Ia menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler beragam yang memungkinkan peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Sehingga guru lebih leluasa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

BACA JUGA:   6 Commasaire PB ISSI akan Dampingi Tour De Batam 2023

“Pemko Batam melalui Dinas Pendidikan Kota Batam terus melakukan percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Kota Batam. Bahkan Kota Batam menjadi salah satu rujukan bagi daerah kabupaten/kota sebagai pusat studi tiru untuk program sekolah penggerak dan implementasi kurikulum merdeka,” tutur pria yang pernah mengajar di SMP Negeri 1 Belakangpadang.

Melalui peringatan Hari Pendidikan Nasional, ia berharap dapat memotivasi masyarakat Indonesia khususnya Kota Batam dalam mendukung dan memajukan sistem pendidikan demi masa depan yang lebih cerah. Selain itu juga mengingatkan kita akan pentingnya memberikan pendidikan yang berkualitas pada setiap anak bangsa selaku penerus sekaligus pondasi bangsa.

BACA JUGA:   Pengusaha Malaysia Puji Perubahan Batam, Sebut Muhammad Rudi Cocok Jadi Gubernur Kepri

Di akhir upacara menampilkan tari kolosal Profil Pelajar Pancasila oleh siswa/siswi SMP se Kota Batam. Jefridin juga menyerahkan sejumlah piagam penghargaan kepada sekolah, kepala sekolah, guru dan siswa berprestasi.(vie)